FORMASI FUTSAL dan TIPS-TRIK BERMAIN FUTSAL


FORMASI FUTSAL dan TIPS-TRIK BERMAIN FUTSAL



Permainan futsal sangat mengandalkan kemampuan tehnik dan futsal formation yang tinggi dari masing-masing pemain tanpa terkecuali.Tehnik individu digabungkannsecara kolektuf untuk menjalankan sebuah taktik dan strategi yang terlatih dn terkonsep.

Didalam suatu tim harus memilliki prinsip dan pedoman yang dipegang teguh ketika menerapkan futsal formation.Tingkat kebugaran dan kesiapan mental bertanding menjadi kunci utama menghadapi sebuah pertandingan apabila suatu tim tidak mempersiapkan mental saat menghadapi sebuah pertandingan maka formasi yang sudah sering dilakukan dalam latihan tidak akan berguna pada saat berjalannya pertandingan.

FUTSAL FORMATION -TAKTIK DAN STRATEGI FUTSAL

Secara teknis,pola permainan futsal formation sebuah tim selalu berubah-ubah setiap detiknya,mengikuti transisi dari bertahan menjadi menyerang atau sebaliknya bahkan terkadang malah menjadi berantakan si pemain tidak tahu harus berada di posisi mana sehingga menyebabkan sipemain menjadi linglung pada saat bermain.Nah,hal inilah yang harus diperhatikan setiap pemain dalam menjaga konsentrasi bermain agar tidak melakukan kesalahn pada saat bertanding.



KERJASAMA DALAM BERTANDING

Disaat bertanding jangan tearlalu lama memegang bola terkecuali kamu mempunyai strategi yang pasti sehingga langsung dapat merobek jala lawan apabila kamu tidak mempunyai strategi seperti itu atau tidak yakin sebaiknya berikan operan passing pada temanmu yang sedang dalam posisi tidak terjaga.Lakukan passing cepat karena lapangan futsal tidak sebesar ukuran lapangan sepak bola ruang dalam lapangan futsal sangatlah taerbatas begitu juga dengan waktu pertandingan 2 X 20 menit.Utamakan kerjasama tim agar kelompok kalian bisa melakukan pressing sehingga menyebabkan lawan agak sedikit tertekan.

KECEPATAN DAN KELINCAHAN

Apa yang dibutuhkan dari futsal? Kecepatan dan kelincahan jelas menjadi salah satu jawaban yang layak dikedepankan. Bermain futsal mengajari kita untuk: Cepat bergerak dan berlari, beraksi, bereaksi, membuat keputusan, antisipasi, mengubah arah pergerakan, melakukan serangan balik, sekaligus bertahan dan menyerang.

BUTUH STAMINA PRIMA

Lapangan yang digunakan untuk bermain futsal memang lebih kecil dari lapangan sepakbola. Tapi percayalah, waktu 2 X 20 menit yang disediakan dalam permainan bakal banyak menguras tenaga dan membuat napas Kita tersengal-sengal karena kelelahan. Itu karena Kita dipaksa bergerak terus menerus!

INGAT! PANTULAN BOLA

Di permainan sepakbola lapangan standar, bola yang digunakan berukuran 5. Di futsal, Kamu akan menggunakan bola yang berukuran lebih kecil, nomor 4. Bola ini memiliki ukuran keliling 62-64 cm dan mempunyai berat 390-430 gram.

Namun, dibandingkan bola berukuran sama yang digunakan untuk bermain sepakbola lapangan standar, bola futsal dikurangi daya pantulnya. Toleransi daya pantul bola futsal adalah 55-65 cm pada pantulan pertama. Singkatnya, lebih berat untuk ditendang!

Demikianlah bebrapa tips tentang bermain futsal yang baik dan benar. Kalau kalian ada tambahan tips lain silahkantulis dikomentar saja! Semoga Bermanfaat!

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer