Cara Sederhana Menjadi Sempurna Ketika Melakukan Presentasi


Cara Sederhana Menjadi Sempurna Ketika Melakukan Presentasi


Jakarta - Survei terbaru menyatakan bahwa banyak orang yang lebih takut ketika berbicara di depan umum ketimbang dengan kematian. Hal ini menunjukkan bahwa, bicara di depan orang banyak merupakan hal yang sulit sekali dilakukan oleh kebanyakan orang. Padahal, berbicara di depan umum salah satu penunjang untuk pekerjaan saat Anda harus presentasi di hadapan atasan dan rekan kerja Anda di tempat kerja maupun di luar kantor.

Berikut ini adalah beberapa hal untuk membantu Anda menjadi pandai berbicara dengan sempurna di depan umum, seperti dikutip dari How To Do Things.

1. Siapkan Materi Presentasi
Pada umumnya, salah satu ketakutan seseorang pada saat bicara didepan umum adalah takut akan terjadi hal yang memalukan, seperti salah bicara dan mengakibatkan konsentrasi buyar, sehingga lupa dengan apa yang ingin dibicarakan. Tetapi, ketakutan-ketakutan yang sering Anda pikirkan saat ingin berbicara di depan orang banyak bisa saja tidak terjadi, jika Anda mempersiapkan secara matang. Dari segi topik, isi, hingga mengkira-kirakan pertanyaan apa yang akan dilontarkan oleh audiens untuk presentasi Anda. Persiapan merupakan kunci untuk menimbulkan kepercayaan diri saat ingin bicara di depan umum.

2. Sering Latihan
Anda perlu latihan dengan giat jika ingin tampil baik. Bisa mulai latihan di depan keluarga, teman terdekat, bahkan di depan hewan peliharaan kesayangan sekalipun. Mintalah pendapat pada keluarga ataupun teman terdekat tentang bagaimana cara Anda bicara, kekurangannya, dan apa yang harus ditambahkan demi mendapatkan kesempurnaan saat Anda berbicara di depan umum. Semakin sering berlatih, maka Anda akan menyampaikannya dengan mudah dan kepercayaan diri akan muncul dengan sendirinya.

3. Kenali Audiens Anda
Setiap orang mempunyai masing-masing budaya, bahasa, bahkan cara berpikir yang berbeda. Agar pembicaraan sempurna saat berbicara di depan umum, Anda patut memahami bagaimana budaya organisasi dan pola pikir audiens. Jika Anda mengungkapkan jargon-jargon yang salah, maka pesan yang Anda sampaikan akan diabaikan dan dianggap tidak penting.

4. Tiba Lebih Awal
Biasanya hal-hal teknis seperti tata letak ruangan, memberikan kekuatan untuk mendukung Anda saat bicara di depan bos dan rekan kerja. Terkadang sulit dibayangkan jika Anda tidak melihat langsung ke tempat di mana Anda akan berbicara di depan audiens. Untuk itu, diperlukan tiba lebih awal dari waktu yang ditetapkan. Apabila memerlukan sesuatu demi melengkapi presentasi, Anda sudah lebih awal mempersiapkan dengan matang serta menyesuaikan keadaan sekitar sebelum memulai presentasi.

5. Tenang dan Santai
Ketika bicara di depan audiens, Anda dituntut untuk memiliki sesuatu yang audiens butuhkan atau inginkan dari sikap, point-point pembicaraan, serta pembawaan Anda dalam mentransfer isi presentasi tersebut. Bila sudah mengkuti saran di atas, maka bersantailah dan nikmati pembicaraan Anda. Jika cara menyampaikan presentasi dengan tenang dan santai, secara otomatis audiens akan menikmati dan senang dengan cara penyampaian presentasi Anda.

Komentar

Postingan Populer