Penjelasan tentang My Starbucks Idea


Salam Tekad Api !

Moshi-Moshi, kalian pasti tahu starbucks kan. Itu loh tempat ngopi orang kota hehe 

Btw, Starbucks mempunyai portal my starbucks idea loh! Pasti udah pada tahu kan, tapi kalo ada yang belum tahu, saya akan menjelaskan apa itu my starbucks idea. tetap semangat dan jangan menyerah dalam membacanya ya hehe ☺



My Starbucks idea merupakan portal konsumen yang diciptakan Starbucks untuk menampung semua usulan atau ide-ide konsumen tentang produk maupun pengalaman minum kopi di starbucks. my starbucks idea dikembangkan pada bulan Maret 2008, yang telah memposisikanstarbucks sebagai salah satu pengadopsi pertama perusahaan keterlibatan sosial media.

Di tahun pertama dihasilkan ide-ide lebih dari 70.000 langsung dari konsumen, sekaranghampir delapan tahun kemudian, situs tersebut memiliki data statistik yang mengesankan denganide-ide lebih dari 190.000 disampaikan, sekitar 300 yang telah dilaksanakan oleh Starbucks.

Tentunya setiap orang memiliki usulan yang berbeda-beda. Tantangan bagi Starbucks adalah memilih usulan yang cocok dari sekian ratus usulan agar bisa diterima oleh sebagian konsumen mereka dan menarik calon konsumen baru. Dimana ide ide konsumen yang diberikan berhasil menciptakan sejumlah perbaikan produk dan layanan di starbucks.

Lewat portal ini setiap orang yang terdaftar sebagai anggota dapat melihat usulan-usulan yang dilontarkan orang lain. Mereka pun diberi kesempatan nuntuk menilai setiap usulan yang masuk.



Hal yang melatarbelakangi di buatnya portal my starbucks idea adalah sebagai crowdsourcing and open innovation pada starbucks. manfaat crowdsourcing sendiri bagi starbucks yaitu:

· starbucks mendapatkan ide-ide gratis dari para konsumen setia. para konsumen starbuck memberikan postingan ide-ide yang mereka inginkan di mystarbucksidea.com yang nantinya akan di seleksi oleh pihak starbucks

· Interaksi dengan pelanggan secara langsung. My Starbucks ide platform memungkinkanpengguna untuk berinteraksi satu sama lain. Melalui situs, Starbucks sendiri mendapatgaris langsung ke interaksi mereka, memungkinkan mereka untuk melihat ide-ide apa yang diambil dan masalah apa yang harus ditangani pertama untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.. 

· Validasi. Sebagai validasi ide yang di terapkan pada my starbucks idea.

· kolaborasi. Sebagai kolaborasi antara starbuck dan pelanggan. untuk mengetahui perubahan apa yang mereka inginkan di starbucks cofee. 

My starbucks idea juga menyediakan beberapa fitur seperti :

1. Kita dapat sign in untuk membuat sebuah komentar

2. Kita dapat melihat dan memberikan komentar terutama pada ideas in action

3. Kita dapat melihat beberapa ide yang sudah ada, dengan kategori pilihan seperti popular ideas, recent ideas, top all time. dan memberikanya komentar

4. Terdapat juga beberapa postingan ide-ide ( product ideas, experience ideas, involvement ideas ) yang dapat kita lihat

5. Terdapat kolom leaderboard untuk menampilkan top ten scores bulan lalu

My starbucks idea sangat penting bagi kemajuan starbucks karena dengan memanfaatkan portal my starbuck idea, starbucks cofee sendiri dapat mengetahui dan mewujudkan keinginan konsumen secara keseluruhan terhadap starbucks, dan mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan di starbucks sendiri.

Dari pihak starbucks akan menyeleksi ide-ide yang di posting oleh para konsumen kemudian memilih yang terbaik dan memberikan komentar. Bagi konsumen starbucks yang ide nya di pilih dan di implementasikan maka akan mendapatkan rewards atau hadiah dari starbucks, dapat berupa cup cofee special edition or limited edition, maupun reward berupa uang.

Manfaat bagi starbucks dari my starbucks idea sendiri ialah terjalinnya ikatan emosional antara starbucks dengan para konsumen. sehingga starbucks mampu mengambil hati para konsumennya. Dengan demikian maka pelanggan starbucks akan bertambah banyak tiap harinya.

Banyak ide-ide pelanggan setia starbucks yang sudah di implementasikan seperti Alternatives to dairy and soy, Ordering kiosk, Rewards at target, Order through app, Signature drink, dan masih banyak lagi.

Namun ide yang sudah di implementasikan dan cukup menarik bagi saya yaitu Selecting a default location on mobile app. Yaitu merupakan penambahan pilihan sebagai default lokasi pemesanan atau "Simpan sebagai lokasi default" untuk aplikasi pada ponsel sehingga tidak perlu mengubahnya setiap kali konsumen memesan kopi di starbucks. Konsumen juga dapat dengan mudah menemukan lokasi starbuck yang biasa mereka pesan, tanpa perlu mengetikkan panjang lebar alamat starbucks yang di inginkan. Pelanggan juga dapat memperkirakan waktu delay pemesanan kopi di tempat biasa mereka memesan. Hal ini memberikan kenyamanan bagi pelanggan sendiri dan memberikan nilai plus bagi Starbucks coffee.

Mungkin cukup dulu pembahasan tentang my starbucks idea lain kali akan saya tambah lagi pembahasannya hehe... Terima kasih sudah membaca dan berkunjung diartikel ini. Semoga bermanfaat ya hehe...



Daftar Pustaka : 

mystarbucksidea.force.com 

http://smbp.uwaterloo.ca/2015/02/my-starbucks-idea-the-starbucks-crowdsourcing-success-story/

Komentar

Postingan Populer